RSS

Tips Menghadapi Ujian

13 Jan

Tips Sebelum Ujian

Keberhasilan dalam mengikuti ujian nasional merupakan kunci sukses untuk remaja dimana dengan hasil yang memuaskan akan membawa para remaja menuju cita-citanya seperti memilih sekolah-sekolah favorit mereka atau memilih unversitas-universitas negeri yang cukup populer. Untuk menggapai hal tersebut dibutuhkan semangat dan kerja keras dari remaja itu sendiri agar hasil ujian nasional memuaskan. Untuk itu diperlukan beberapa persiapan sebelum mengikuti atau menghadapi ujian nasional tersebut diantaranya :

1.      Berdoalah pada Tuhan

Adalah sombong yang beranggapan bahwa keberhasilan kita semata-mata usaha dan kerja keras kita sendiri tanpa keikutsertaan Sang Pencipta. Untuk itu dengan segala kerendahan diri dan hati di hadapan-Nya, kita panjatkan doa agar diberi kelulusan, kesehatan dan kemudahan dalam menghadapi ujian nanti. Tuhan Maha Mengetahui dan tentu akan mendengarkan dan mengabulkan doa hamba-hambanya.

2.      Hadapilah ujian dengan tenang dan proporsional

Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang dan proporsional bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi dan dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana menentukan strategi dan menjalaninya dengan senang.

3.      Bersikaplah proaktif

Proaktif adalah suatu sikap yang beranggapan bahwa kita sendirilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam hidup ini, termasuk dalam menghadapi UAN. Yakinlah bahwa kerja keras dan usaha keras yang kita lakukan akan membuahkan hasil. Dalam menyikapi standar minimal 5,50 misalnya, justru yang terbaik adalah kita sendiri membuat patokan standar nilai minimal. Misalnya, menargetkan 7,01 atau 8,01 sehingga yang muncul adalah tantangan bukan beban.

4.      Buatlah rencana

Menghadapi ujian dapat diibaratkan sebagai perjalanan menuju sukses. Sebagaimana perjalanan sukses, sudah sepatutnya kita membuat perencanaan. Dari sekian banyak bahan pelajaran yang harus dipelajari dipilah-pilah antara bahan UAN dari pusat dengan bahan ujian dari sekolah. Antara bahan kelas satu, kelas dua, dan kelas tiga, pelajaran hitungan dan hafalan, sehingga dapat dipelajari dengan teratur dan sistematis. Model belajar semacam itu dapat meringankan dan lebih mengefektifkan cara kerja otak. Salah satu hukum otak yaitu dapat bekerja maksimal dengan cara teratur dan sistematis.

5.      Perbanyaklah baca dan latihan soal

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh lembaga bimbingan belajar adalah para siswa banyak berlatih memecahkan soal-soal dengan cepat. Kita dihadapkan pada soal-soal yang harus dijawab dan dipecahkan dengan tepat. Dengan sering kita berlatih maka kita terbiasa dan terlatih, sehingga tidak cemas atau grogi dalam menghadapi soal (ujian).

6.      Belajar kelompok

Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar dan prestasi. Para siswa daripada banyak bermain dan membuang-buang waktu dengan percuma, manfaatkanlah dengan cara belajar berkelompok dengan teman di sekolah atau di sekitar tempat tinggal kita.

7.      Efektifkan belajar di sekolah

Masih terdapat siswa yang datang ke sekolah dan hadir di kelas dengan alakadarnya atau sekadar hadir, tidak mengoptimalisasikan semua potensi dirinya untuk meraih hasil terbaik dalam daya serap materi maupun prestasinya. Padahal jika dimaksimalkan, niscaya hasilnya akan lebih bagus walaupun tidak ditambah dengan les-les yang lain di luar jam sekolah. Pada umumnya, para siswa kurang menggunakan kemampuan nalarnya dalam belajar, baru sebatas menghafal. Siswa juga masih kurang untuk bertanya, berdialog bahkan berdebat dengan gurunya. Padahal kemampuan bertanya salah satu upaya untuk memperkuat pemahamaman atau pengertian dan keterampilan belajar.

8.      Mohon doa restu dari orang tua

Yakinlah bahwa jika kita lulus maka orang tua kita akan senang dan bangga. Jadikanlah perjuangan menghadapi UAN 2009 sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada kedua orang tua kita tercinta. Mohon doa restulah pada orang tua agar kita diberi kemudahan dan kelancaran. Kedua orang tua kita akan dengan senang mendoakan putra-putrinya yang sedang berjuang menghadapi UAN.

9.      Rajin Bertanya

Rajin-rajinlah bertanya, karena dengan bertanya kita dapat mengetahui apa yang sebelumnya tidak kita ketahui. Jika ada kata/kalimat yang tidak kita ketahui di dalam buku yang kita pelajari, maka sangat dianjurkan untuk bertanya pada ahlinya, baik itu guru, orang tua, maupun kakak kita. Ketika di sekolah, jika ada penjelasan guru yang tidak kita mengerti maka bertanyalah. Jangan takut bertanya ! Karena kemungkinan masih banyak teman sekelas kita yang juga tidak mengerti penjelasan guru tersebut, hanya saja mereka malu bertanya. Kalau tidak pernah bertanya, kita tidak akan tahu sampai kapanpun. Ingat, “Malu bertanya, sesat di jalan”.

10.  Memotivasi Diri

Motivasilah diri kita sedini mungkin untuk belajar, karena dengan adanya motivasi dapat meningkatkan keinginan untuk selalu dan terus belajar. Salah satu cara memotivasi diri adalah dengan membuat beberapa afirmasi, seperti “Kalau dia bisa, kenapa aku nggak bisa?”.

 

Tips Ketika Ujian sedang Berlangsung

1.      Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.

Bawalah semua alat tulis yang dibutuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip-ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

2.      Tenang dan percaya diri.

Ingatkan diri kita bahwa kita sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.

3.      Bersantailah tapi waspada.

Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kita mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.

4.      Preview soal-soal ujian dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas).

Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kita membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban. 

5.      Jawab soal-soal ujian secara strategis.

Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kita ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya dikerjakan adalah:

  1. Soal paling sulit
  2. Yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya
  3. Memiliki nilai terkecil

6.      Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.

Mula-mula, abaikan jawaban yang kita tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat diabaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawaban kita biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kita yakin akan koreksi yang kita lakukan.

7.      Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.

Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin ditulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak didiskusikan dulu.

8.      Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.

Tulis kalimat pokok pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esai. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil. Dukung poin dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatan.

9.      Sisihkan 10% waktu kita untuk memeriksa ulang jawaban.

Periksa jawaban; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kita telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawaban untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematika yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

10.  Analisa hasil ujian.

Setiap ujian dapat membantu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai dengan kita. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

 

Persiapan Mental Sebelum Ujian

Mengerjakan sebuah ujian atau tes bukanlah hanya masalah apakah kita menguasai pokok materi atau tidak. Seringkali kita mendapati anak yang cerdas tetapi sering mendapatkan nilai yang rendah pada ujian atau tes. Hal ini mungkin saja terjadi karena mengerjakan saol ujian atau tes menuntut proses mental yang dipengaruhi berbagai faktor. Karena faktor mental menjadi dominan pada waktu kita mengerjakan tes atau ujian maka faktor mental ini juga mempunyai pengaruh yang besar dalam menyumbangkan keberhasilan mengerjakan tes atau ujian. Faktor mental yang dimaksud adalah kondisi psikologis testee (orang yang mengerjakan tes) pada waktu akan mengerjakan dan ketika mengerjakan tes atau ujian.

Persiapan mental ialah persiapan yang berkaitan dengan sikap mental, psikis, dan emosi. Upayakan agar situasi pribadi terutama sikap emosional tetap stabil. Pertentangan yang dialami dalam diri, situasi kekecewaan (frustrasi, suasana kesedihan dan sebagainya) akan berdampak buruk terhadap hasil belajar. Yang mesti diperhatian adalah kita harus menjaga suasana hati/emosi. Diharapkan emosi kita tetap tenang dan stabil menjelang ujian. Sebelum ujian, kita harus mampu mengatasi hal-hal yang mungkin akan mengganggu konsentrasi belajar. Agar pikiran tidak terbagi dan tetap terpusat dalam menghadapi ujian, perbanyaklah melakukan ibadah, karena ibadah merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan ketenangan.

 

Tips Setelah Ujian

  1. Jangan berhura-hura karena merasa sudah melewati masa kritis.
  2. Tetap biasakan belajar walau intensitasnya kecil (buat persiapan SNMPTN : bagi yang ingin melanjutkan kuliah).
  3. Banyak-banyak meluangkan waktu bersama teman2 sekelas atau teman sekolah, karena setelah lulus kemungkinan kalian akan berpisah.
  4. Selalu berdo’a dan minta hasil yang terbaik.
  5. Bertawakal pada yang Kuasa agar tak kecewa ataupun sombong dengan hasil pengumuman nanti.
  6. Tidak berhura-hura bila lulus nanti (dengan cara mencorat coret baju maupun rambut dengan pilok maupun cat, ini menandakan ciri orang yang tidak berpendidikan.) lebih baik diberikan pada adik, saudara atau tetangga yang masih bersekolah, agar lebih manfaat.

 

DAFTAR PUSTAKA

Nn. (2010). 10 Tips Menghadapi UAN 2010 [Online]. Tersedia: http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/tips-dan-trik/10-tips-menghadapi-uan-2010/mrdetail/6244/ [1 Mei 2011].

Novi. (2011). Tips Menghadapi Ujian Nasional (UN) [Online]. Tersedia: http://smpn146.blogspot.com/2011/04/tips-menghadapi-ujian-nasional-un.html [1 Mei 2011].

Ramadhan, T. (2009). Kiat Sukses Menghadapi Ujian Nasional [Online]. Tersedia: http://tarmizi.wordpress.com/2009/01/18/kiat-sukses-menghadapi-ujian-nasional/ [1 Mei 2011].

Utama, P. (2010). 10 Tips Menjalani Ujian [Online]. Tersedia: http://pramukadu.blogspot.com/2010/10/10-tips-menjalani-ujian.html [1 Mei 2011].

Wegaclubban. (2009). Persiapan Mental Menghadapi Ujian Nasional [Online]. Tersedia: http://wegaclubban.wordpress.com/2009/02/20/persiapan-mental-menghadapi-ujian/ [1 Mei 2011].

About these ads
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 13 Januari 2012 in Perkuliahan Bimbingan dan Konseling

 

2 responses to “Tips Menghadapi Ujian

  1. Soal UN SMA 2012

    19 Januari 2012 at 11:57 pm

    Semoga Bisa Lulus Semua…Amiiin….
    Sukses….

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: