RSS

Pengertian Konseling

17 Jan

Suherman (2007: 16) mengartikan konseling sebagai salah satu hubungan yang bersifat membantu agar klien dapat tumbuh ke arah yang dipilihnya juga agar dapat memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya.

Menurut Chaplin (2008: 114) konseling adalah suatu nama yang luas pengertiannya untuk beraneka ragam prosedur guna menolong banyak orang agar mampu menyesuaiakn diri; seperti memberi nasihat, diskusi terapeutis, pengadministrasian dan penafsiran tes, dan bantuan vokasional atau kejuruan.

Robinson (Yusuf, 2009: 43) mengartikan konseling sebagai semua bentuk hubungan antara dua orang, di mana yang seorang, yaitu klien dibantu untuk lebih mampu menyesuaikan diri secara efektif terhadap dirinya sendiri dan lingkungannya.

Menurut Shertzer dan Stone (Yusuf, 2009: 43) Counseling is an interaction process which facilities meaningful understanding of self and environtment and result in the establishment and/or clarification of goals and values of future behavior.

ASCA (American School Counselor Association) (Yusuf, 2009: 44) mengemukakan bahwa konseling adalah hubungan tatap muka yang bersifat rahasia, penuh dengan sikap penerimaan dan pemberian kesempatan dari konselor kepada klien, konselor mempergunakan pengetahuan dan keterampilannya untuk membantu kliennya mengatasi masalah-masalahnya.

Menurut Yusuf (2009: 45), konseling adalah proses helping atau bantuan dari konselor (helper) kepada konseli, baik melalui tatap muka maupun media (cetak maupun elektronik, internet atau telepon), agar klien dapat mengembangkan potensi dirinya atau memecahkan masalahnya, sehingga berkembang menjadi seorang pribadi yang bermakna, baik bagi dirinya sendiri, maupun orang lain, dalam rangka mencapai kebahagiaan bersama.

English dan English (Willis, 2010: 17) mengartikan konseling sebagai suatu hubungan antara seseorang dengan orang lain, dimana seorang berusaha keras untuk membantu orang lain agar memahami masalah dan dapat memecahkan masalahnya dalam rangka penyesuaian dirinya.

Menurut Glen E. Smith (Willis, 2010: 17) konseling adalah suatu proses dimana konselor membantu konseli agar ia dapat memahami dan menafsirkan fakta-fakta yang berhubungan dengan pemilihan, perencanaan dan penyesuaian diri sesuai dengan kebutuhan individu.

Milton E. Hahn (Willis, 2010: 18) mengatakan bahwa konseling adalah suatu proses yang terjadi dalam hubungan seorang dengan seorang yaitu individu yang mengalami masalah yang tak dapat diatasinya, dengan seorang petugas profesional yang telah memperoleh latihan dan pengalaman untuk membantu agar klien mampu memecahkan kesulitannya.

Willis (2010: 18) mengartikan konseling sebagai upaya bantuan yang diberikan seorang pembimbing yang terlatih dan berpengalaman, terhadap individu-individu yang membutuhkannya, agar individu tersebut berkembang potensinya secara optimal, mampu mengatasi masalahnya, dan mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang selalu berubah.

Dari beberapa pengertian mengenai konseling di atas maka dapat disimpulkan bahwa konseling adalah proses bantuan oleh konselor kepada konseli agar konseli dapat memahami dirinya sendiri sehingga dapat mengatasi masalah yang dialaminya.

 

Sumber:

Chaplin, J. P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Willis. S. S. (2010). Konseling Individual: Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

Suherman, U. (2007). Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bekasi: Madani.

 

About these ads
 
6 Komentar

Posted by pada 17 Januari 2012 in Bimbingan dan Konseling

 

6 responses to “Pengertian Konseling

  1. Nanda Arsynda

    16 Februari 2012 at 2:05 pm

    izin copas yo mas… :)
    makasih..

     
  2. errahma92

    5 Maret 2012 at 8:10 pm

    Tulisannya sangat membantu saya, thankz ya.

     
  3. Eqie

    12 Juli 2012 at 10:22 pm

    Ijin CoPas untuk tugas… :-)
    Thx..

     
  4. Nicky Shi-V

    13 September 2012 at 8:57 pm

    thanks…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: