RSS

MANFAAT SHOLAT DHUHA

03 Feb

Kemarin saya main ke tempat saudara saya yang rumahnya di cirebon. Perjalanan saya dari bandung ke cirebon ditempuh selama 3 jam menggunakan sepeda motor. Saya menginap satu malam di tampat saudara saya. Keesokan harinya saya bersiap-siap untuk pulang ke Cilacap karena memang dari awal sudah saya niatkan untuk pulang ke kampung halaman saya di Cilacap. Ketika saya berkemas, tuan rumah yang tak lain adalah om saya sedang istirahat. Diam-diam saya melaksanakan sholat duha. Selain meminta kepada ALLAH agar diberi keselamatan dalam perjalanan, saya juga minta agar dalam perjalanan tidak diberi hujan. Ketika sudah selesai sholat, saya bergegas meminta ijin pulang. Namun saudara saya tiba-tiba bertanya, “Kamu punya uang 50.000 ga?” saya menjawab, “Punya. Buat apa um?”.”Buat ditukar dengan uang om.” Tanpa tau maksudnya, saya langsung saja memberikan uang 50.000 itu kepadanya. Kemudian dia menyodorkan uang 100.000. saya bingung kenapa dia menyodorkan uang 100.000. saya bertanya buat apa uang ini? “Udah ambil aja. Buat beli bensin kamu.” Jawab om saya. Dengan rasa tidak enak saya menerima uang itu. Hehe. Tetapi saya menganggap itulah manfaat dari sholat duha saya. Ya walaupun sedikit dan mungkin notabene hanya uang sangu, tapi bagi saya tetap saja itu merupakan uang yang patut disyukuri dan merupakan rejeki yang diberikan ALLAH kepada saya lewat perantara om saya. Ya ga ? hhe. Alhamdulillah.

 
8 Komentar

Posted by pada 3 Februari 2010 in Artikel, Ide, Gagasan, dan Pikiran

 

8 responses to “MANFAAT SHOLAT DHUHA

  1. niniess

    3 Februari 2010 at 8:25 am

    halah,shalat dhuha koq pake diemdiem?hehehe

    tau gak,shalat duha tuh salah satu jalan buat kita biar dikasih rezeki yang lapang dari aLLah..
    kalo kul siang tuh usahain shalat duha duluu..

    okeyokey :)

     
    • arihdyacaesar

      3 Februari 2010 at 8:29 am

      ya diem2 atuh .
      msa mesti dikasih tauin ke semua orang ?
      hayuh ?

      iya betul .
      like my habit.
      kadang2 doank tp .
      hhe . :)

       
  2. niniess

    3 Februari 2010 at 8:53 am

    ahh..cae mah duha tuh shalat subuh kalee…hahaha

     
    • arihdyacaesar

      3 Februari 2010 at 8:55 am

      wew . . . . . .

      jangan di expose di sini . . .
      hahaha . .

      ah .
      ninis juga paling .
      wkwkwk . . .

       
  3. Scud Al-Hussain

    6 September 2010 at 5:35 am

    Sejujurnya saya percaya dengan kisah diatas krn saya dahulunya mewiridkan sholat dhuha dan alhamdulillah pertolongan Allah selalu menyertai saya [ rezeki ],usaha saya maju dan
    kehidupan keluarga lebih baik,keuangan selalu ada walaupun tidak berlimpah.
    Tetapi belakangan saya tinggalkan,namun tidak meninggalkan yang 5 waktu dan yang ter
    jadi,rezeki seret,utang bertumpuk bahkan saat ini usaha saya nyaris bangkrut karena saya
    kehabisan modal.Kini saya berfikir untuk mengulangi kebiasaan sholat dhuha,tetapi saya
    berfikir apakah Allah akan mencatatnya sebagai amalan karena saya lakukan bukan karena
    kesadaran tetapi karena kesulitan

     
    • arihdyacaesar

      6 September 2010 at 11:35 am

      percayalah saudaraku.
      Allah akan menerima ibadah umatnya jika ia benar2 bersungguh2 dalam melakukannya.

      mungkin memang Allah memberikan anda kesulitan terlebih dahulu untuk menyadarkan anda betapa manfa’atnya sholat duha bagi kehidupan kita. Awalnya memang niat anda karena kesulitan yang anda alami, tetapi bukankah Allah memerintahkan, jika kita mempunyai masalah/kesulitan datanglah kepada Allah untuk meminta pertolongan kepada-Nya ?

      di sisi lain, jika mencermati cerita yang anda utarakan di atas, sebenanrya anda sudah sadar akan pentingnya sholat dhuha. itu ditunjukkan dengan niat anda untuk mengulangi kebiasaan anda kembali, yaitu sholat dhuha. jika anda tidak sadar akan pentingnya sholat dhuha, maka anda tidak mungkin akan memiliki niat seperti itu.

      di sisi lain juga, niat anda yang karena kesulitan, bukan karena kesadaran sama halnya dengan kita beribadah yang mengharapkan pahala, bukan mengharapkan ridha ALLAh.
      esensinya jika dicermati akan sama. tapi toh sah sah saja kan kita dalam beribadah ?

      jadi kalau menurut saya,laksanakanlah dulu apa yang menjadi keyakinan kita, dalam hal ini beribadah kepada Allah. (ALLAH kan Maha Melihat. Dia akan melihat gerak gerik kita dalam keadaan apapun). Entah apapun niat kita (walaupun bagusnya ya hanya karena mencari Ridha ALLAH). tetapi lama-kelamaan kesadaran kita pasti akan terbentuk dengan sendirinya. jika hanya karena niat kita yang belum benar trus kita tidak melakukan ibadah tersebut, bisa-bisa masjid2 kosong donk karena tidak ada yang ibadah untuk mencari Ridha ALLAH.

      yang terpenting sekarang adalah lakukan saja apa yang memang diperintahkan oleh ALLAH. jangan terlalu dalam menelisik masalah. Dalam kitab Safinah juga diterangkan bahwa, jika kita terlalu memperdalam masalah, itu berarti kita mengikuti perintah setan, karena memperdalam masalah adalah bisikan dari setan.

      So, Just Do It my Brother. hhe.

      oia, maaf jika terlalu panjang. saya hanya mengutarakan apa yang saya tahu dan mengajak kepada semuanya untuk selalu beribadah kepada ALLAH. :)
      maaf juga jika ada kesalahan. kata-kata di atas sepenuhnya hanya pendapat dari saya. jadi, anda boleh mengikutinya boleh tidak.
      kesalahan sepenuhnya datang dari saya, dan kebenaran hanya milik ALLAH semata.

      wassalam . . .

       
  4. nadhnadhirah

    6 September 2010 at 11:51 am

    jd inget kata2nya pa uman pas ngasi materi …
    apa teeh ????

     

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

